Wednesday, December 13, 2017

Mata Pelajaran Favorit



Pelajaran Favorit

Hidup manusia memang tidak bisa dilepaskan dari belajar. Mulai dari kecil manusia sudah mulai belajar, seperti mendengarkan orang tua berbicara sehingga saat ini kita bisa mengerti bahasanya. Setelah itu ketika kita sudah lebih besar kita disekolahkan mulai dai TK,SD,SMP,SMA dan hingga perguruan tinggi. Dan belajar akan terus berlangsung selama kita hidup walau tidak selalu dalam belajar formal (sekolah). Nah yang akan kita bahas saat ini adalah "PELAJARAN FAVORIT" yang tentu saja kita jumpai dalam belajar/pendidikan formal (sekolah).

Sebenarnya "Pelajaran Favorit" adalah kata siluman, karena dibalik kata itu bukan hanya pelajaran yang difavoritkan melainkan dapat menjabar lagi kebeberapa hal, yaitu memang mem-favoritkan pelajaran itu atau bisa juga karena menyukai guru ataupun cara mengajarnya. Dan kenyataannya pelajaran yang difavoritkan sebagian besar atau mungkin seluruh murid dalam satu kelas adalah mata pelajaran yang cara mengajar gurunya mudah dimengerti atau bahasa jawanya "Penak" atau juga karena gurunya baik ataupun ganteng dan cantik.

Cara mengajar guru sebenarnya sangatlah berpengaruh bagi siswa, karena jika cara mengajar gurunya baik maka siswa akan mudah mengerti,nyaman dan tidak merasa terbebani dalam mata pelajaran itu. Sebaliknya jika cara mengajar gurunya kurang baik maka..... anda tahu sendiri seperti apa hehe~. Jika sudah baik maka gelar Mata Pelajaran Favorit atau Guru Terfavorit-lah yang menjadi bonus kepada guru tersebut dan mungkin bisa dijadikan perlombaan guru terfavorit sehingga bisa mendorong untuk menjadi lebih baik lagi. Ada beberapa murid yang belum bisa memposisikan dirinya kepada guru yang mengajar jika caranya mengajar kurang enak misalnya dia akan membeci guru itu. Seharusnya jika kita sudah mengerti cara mengajar seorang guru kita bisa mengantisipasi bila cara mengajarnya kurang enak, misalnya dengan belajar sendiri lebih giat atau mengikuti bimbingan agar mengerti materi dan tidak ketinggalan materi. Serta kita tidak usah membeda bedakan guru karena setiap guru itu sama.

Jadi Pelajaran Favorit adalah sesuatu yang subyektif yang setiap orang memiliki penilaian berbeda beda. Maaf jika tulisan ini jauh melenceng dari topik "hehe" semoga semua guru bisa menjadi lebih baik dan menjadi favorit semua muridnya dan jika ada yang salah mohon dianggap benar dan jika ada kata yang kurang serkenan saya minta maaf. Sekian~

-TERIMA KASIH-

0 comments:

Post a Comment